Curhat tanpa cengeng, Menulis tanpa batas....

Saat Hidup Terasa Sangat Sulit

13 Sep 2013 - 20:54 WIB

Saya tidak tahu apakah setiap orang mereasakan saat-saat di mana hidup mereka sangat sulit, saat-saat hidup terasa sangat keras dan kejam terhadapnya. Sungguh saya tidak tahu, akan tetapi saya yakin setiap orang memiliki cara yang ebrbeda bagaimana menghadapi masalah-masalah hidup mereka.

Sebagian orang sangat cepat memberikan satu kesimpulan bahwasannya masalah yang dihadapinya begitu berat, beberapa orang lebih analistik sehingga mereka akan berpikir lebih lama sebelum memberikan kesimpulan tentang berat dan ringan masalah mereka, dan ada lagi golongan orang-orang yang sedikit cuek sehingga gak mau terlalu memikirkan dan cenderung berpikir let it flow. Karena besar kecilnya sebuah masalah itu memang tergantung cara pandang kita terhadap masalah itu sendiri, tentunya jika dihadapi dengan rasa syukur pasti akan lebih ringan.

Apapun jenis masalah kita, seandainya kita menghitung-hitung apa anugerah yang sudah kita dapat, apa yang sudah kita punya pastinya masalah yang kita hadapi bukan apa-apa yang ada kita akan lebih berhati-hati dan bercermin, mencoba berpikir di mana letak kesalahan kita sehingga kita mendapati masalah tersebut.

Tak banyak orang yang mau berpikir susah tentang kenapa masalah itu datang menimpanya, yang ada kebayanyakan mereka akan komplain terlebih dahulu, lalu akan mengeluhkannya, dan yang paling parah bertanya kepada Tuhan kenapa kita mendapatkan cobaan berat. Jika saja selalu ada yang mengingatkan kita untuk jangan bertanya “Kenapa” pada Tuhan, insyaallah kita akan lebih berhati-hati dalam bertindak.

Segala sesuatu yang Tuhan berikan baik atau buruk itu memang ada alasannya, jadi kewajiban kita mensyukurinya. Mungkin terlalu berlebihan seolah saya mampu menghadapi masalah saya dengan gagah berani dan mewek-mewek, bukan seperti itu, karena kita menangisi dan komplain pun malah memperberat masalah kita. Kalau ada cara indah untuk menghadapi suatu masalah kenapa kita memilih sesuatu yang memberatkan.

Tidak ada cara paling indah saat menghadapi masalah selain mensyukurinya. Bersyukur karena Tuhan masih memeberikan kesempatan untuk kita untuk belajar dari masalah yang sedang kita hadapi. Orang yang hidupnya tanpa masalah juga saya pikir akan bosan kok.

Hidup terasa sangat sulit dan tak ada jalan saat kita jauh dari Tuhan Yang Maha Esa.

Semoga kita semua senantiasa dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa tidak hanya saat sedang dihinggapi masalah akan tetapi juga saat sedang tidak ada masalah, karena seberat-beratnya cobaan adalah saat kita mendapatkannya dalam keadaan bak-baik saja.

30-hari-non-stop-ngeblog


TAGS   30 Hari NonStop Ngeblog /