Curhat tanpa cengeng, Menulis tanpa batas....

Menerbitkan Buku Sales dan Marketing Awal 2014

4 Nov 2013 - 10:11 WIB

Bismillahirrahmaniraahim..

Saya selalu kagum dengan Pakdhe yang selalu mempunyai ide-ide kreatif yang memotivasi rekan sesama blogger menjadi lebih produktif dan itu pun tak sekedar produktif akan tetapi juga memberikan manfaat. Begitu juga dengan kali ini yang menantang kita semua untuk memberitahukan proyek monumental kita di tahun 2014. Sebelumnya sudah terlintas di benak saya untuk menerbitkan sebuah buku akan tetapi saya ini type orang yang kebanyakan ide dan tak pandai fokus jadi sampai sekarang tak terlaksana.

Akan tetapi tantangan Pakdhe ini membuat saya ingat akan balasan komen Pakdhe di salah satu artikelnya “Ya, kan bisa membuat bukun parenting to Nduk apalagi kamu sekarang sedang mengandung” Buku parenting rasanya tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat ini karena kehamilan saya gagal menginjak bulan ke-4. Tapi, saya memiliki keinginan besar mewujudkan impian saya menerbitkan sebuah buku tentang Sales dan Marketing di awal tahun 2014 ini.

Saya tahu bahwa banyak sekali buku-buku marketing bagus dan hebat di luar sana, best seller pula! Tapi, saya ingin menuliskan dari sudut pandang saya sendiri selama saya menjalani profesi ini. Hampir 9 tahun semua pekerjaan saya berhubungan dengan Sales dan Marketing dan 5 tahun terakhir ini saya menekuninya lebih mendalam sehingga saya bisa membuat ulasan-ulasan tentang hal-hal cruicial yang dibutuhkan oleh seorang sales dan marketing.

Judul Buku

Ini memang masih di angan, akan tetapi saya sudah menyiapkan judulnya yaitu “Saya Seorang Sales” judul ini menggambarkan profesi saya sebagai sales yang selama ini kurang begitu diminati oleh orang, sehingga saya harapkan cover bukunya pun harus warna-warna ceria yang menyenangkan bukan plain hitam dan putih yang membosankan. Seprti warna pink atau ungu fucia kesukaan saya, he he he

Latar belakang

Banyaknya orang yang memandang miring profesi sebagai seorang sales dan marketing membuat saya ingin mengungkapkan bahwasannya profesi ini sama terhormatnya dengan beberapa profesi elit yang dicita-citakan oleh banyak orang.

Namun demikian, banyak sekali orang yang harus menjalani profesi ini secara terpaksa karena tidak ada pilihan lagi. Profesi ini tidak pernah dicita-citakannya akan tetapi mereka terpaksa dia pun harus melakukannya. Nah, buku ini diharapkan bisa membantu memberikan guidance tentang masalah sales dan marketing, tips-tips, motivasi, pengalaman yang mungkin bisa memberikan inspirasi. Besar kemungkinan saya, buku ini bisa memberikan bantuan semangat dan juga meningkatkan skill mereka seperti halnya saya dulu yang begitu buta dengan ilmu sales dan juga marketing.

Tujuan

Dalam buku ini saya tidak akan memberi tahukan apa pengertian marketing itu? Dan apa hubungannya dengan sales ? Karena seorang sales yang sudah bisa menjual produknya itu secara tidak langsung sudah menguasai ilmu marketing. Saya akan lebih membahas point-point yang akan dikerjakan oleh seorang sales agar apa yang dikerjakannya tak sekedar menunaikan kewajiban akan tetapi mampu menjadi seorang yang profesional.

Jadi, buku ini nantinya bisa dipakai sebagai guidance atau panduan untuk mereka yang benar-benar tidak tahu apa yang harus dilakukannya untuk menjadi seorang sales profesional.

Untuk para sales manager, saya berharap buku ini pun mampu memberikan guidance tentang point-point yang memang dibutuhkan oleh teamnya sehingga waktu mereka tidak banyak terbuang karena belajar sesuatu yang sebenarnya diluar apa yang mereka butuhkan untuk menjalani profesi mereka sebagai seorang sales atau staff marketing. Karena di sini informasi tentang apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh team salesnya sudah tersedia di sini hanya tinggal mengembangkan dan menyesuaikan dengan keadaan sebenarnya.

Upaya

Dan upaya yang saya lakukan pun sekarang lebih serius dalam melakukan observasi dari setiap training yang saya berikan ke team saya dan juga mempelajari kesulitan-kesulitan mereka. Membaca literatur pun saya lakukan dari buku atau pun internet dan pastinya belajar langsung pada sang Bapa guru atau Director of Sales lebih saya kencangkan.

Saya akan menuliskan hal-hal yang ingin saya muat dalam buku marketing tersebut dalam blog saya dengan mempostingnya. Saya akan mengumpulkan beberapa artikel yang saya buat dan nantinya saya akan lihat kalau ada point-point tertinggal yang perlu saya masukkan ke dalamnya.

Progress

Saya kira sudah ada sekitar 10-15 artikel yang berhubungan dengan buku saya di dalam blog-blog saya yang nanti akan saya compile atau kumpulkan menjadi satu buku.

Saya berharap melewati kontes unggulan Pakdhe ini saya bisa mewujudkan impian saya lebih cepat dari ekpetasi saya menerbitkan buku Sales dan Marketing.

kontes-unggulan-proyek-monumental-20145-300x248


TAGS   Sales dan Marketing / Menerbitkan Buku / Menerbitkan Buku Sales dan Marketing Awal 2014 / Saya Seorang Sales /