Curhat tanpa cengeng, Menulis tanpa batas....

Memotivasi diri sendiri

7 Nov 2013 - 07:05 WIB

self-motivatedBagaimana memotivasi diri sendiri? Apakah hal ini perlu? Menurut pengalaman saya, memiliki self motivated itu penting sekali dalam berbagai aspek kehidupan. Setiap orang harus memiliki motivasi diri karena sehebat apapun motivator yang dikirim untuk memotivasi kita efek dahsyatnya paling banter hanya satu minggu.

Berbeda dengan memiliki motivasi diri, dengan memiliki motivasi diri efeknya bisa dirasakan seterusnya. Sesekali down? bisa dimaklumi akan tetapi self motivated atau motivasi diri ini sangat mudah untuk dinyalahkan kembali. Sebagian orang memakai obyek atau alasan orang-orang terdekat yang mereka sayangi sebagai motivasi dalam diri mereka agar selalu bersemangat, sebagian lagi memakai orang tuanya. Namun, ada juga yang merasa bingung dan tak memiliki motivasi diri.

Jangan heran, jika kita melihat iklan lowongan pekerjaan dan di sana tercantum persyaratan juga “Self motivated” sebenarnya apa sih self motivated atau motivasi diri ini? Motivasi diri ini adalah sebuah dorongan kuat dari dalam diri kita untuk menyelesaikan, mencapai suatu tujuan dengan bersungguh-sungguh dan penuh semangat. Jadi wajar, orang-orang yang memiliki motivasi diri cenderung memiliki semangat yang berkobar dan tak gampang padam karena mereka tahu apa yang mereka mau.

Ingin tahu bagaimana agar kita merasa terpacu atau termotivasi terus? Berikut ulasannya:

  • Berani menetapkan tujuan yang menantang dan menarik akan tetapi tetap logis atau masuk akal, tentunya sesuaikan dengan kemampuan diri.
  • Tentukan tujuan jangka pendek, menengah untuk kemudian tujuan jangka panjang. Misalkan, si Ratna menetapkan tujuan jangka pendeknya sebagai berikut: Bulan Maret 2014 membeli mobil dengan cicilanm maksimal sekian juta jadi Ratna harus menyiapkan uang muka sekian juta. Dari tujuan jangka pendek ini Ratna sudah mulai mencari tahu harga mobil yang diinginkan dan menabung sejumlah uang. Sedang jangka menengahnya dia ingin membeli rumah di tahun 2015 bulan Maret, karena harga property yang terus melonjak dia harus membuat plan B dengan membeli tanah di daerah sebagai tabungan di bulan Agustus 2014 dan seterusnya.
  • Fokus pada hal-hal yang kita inginkan daripada yang tidak kita inginkan agar jelas apa yang kita inginkan dan kita merasa penting mencapainya.
  • Menetapkan tujuan dengan lebih specific, realistik bisa dicapai dengan ikatan waktu tertentu
  • Perkirakan apa yang akan menjadi hambatan dalam pencapaian tujuan nanti dan buat Plan B paling tidak kita tahu bagaimana mengatasinya
  • Tujuan yang kita buat ada dalam kendali kita sendiri dan juga ditujukan untuk kita sendiri bukan orang lain dan buat tujuan kita benar-benar jelas dan kita biasakan untuk memvisualisasikannya

Point-point di atas tampak remeh dan mungkin bukan sesuatu yang besar namun, untuk beberapa orang yang memang belum mengetahui apa itu motivasi diri perlu dicoba agar kita juga tahu bagaiamana memotivasi diri kita?

Apa dan bagaimanapun keadaannya pastikan kita memiliki motivasi dalam diri kita karena motivasi diri merubakan bahan bakar yang memberikan energi agar kita lebih semangat.


TAGS   Bagaimana memotivasi diri sendiri / Motivasi /