Curhat tanpa cengeng, Menulis tanpa batas....

Pentingnya visualisasi

8 Nov 2013 - 15:29 WIB

visualisasiVisualisasi - Saya ingin menyambung artikel saya sebelumnya untuk membahas lebih lanjut mengenai visualisasi. Hal ini memang sudah menjadi pembicaraan umum. Banyak orang yang mentertawakan bahkan meremahkan kekuatan visualisasi padahal ni, ya dari beberapa buku psikolog yang saya baca saat saya SMK dulu (Saking lamanya, jadi wajar saya lupa siapa penulisnya) ternyata jika kita bisa melakukan visualisasi secara baik di dalam alam bawah sadar kita secara tidak langsung akan membantu meningkatkan proforma kita di dunia nyata.

Jika kita bisa menvisualisasikannya maka kita bisa mencapainya. Hal ini sangat penting dalam dunia sales, karena apa yang kita kejar semua tampak seperti mimpi. Visualisasikan diri kita menerima banyak proyek besar, rasakan secara nyata bagaimana perasaan kita saat itu, suasananya, hari apa, di mana dan sebagainya. Semakin detail semakin baik.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, sebenarnya visualisasi itu apa sih? Pada awalnya saya sendiri juga bingung, namun setelah saya baca lebih lanjut di buku itu ternyata dari kecil saya sudah terbiasa melakukannya hanya saja saya tidak tahu bagaimana memaksimalkannya.

Visualisasi adalah sebuah proses di mana seseorang menggambarkan dirinya dengan jelas dan detail tentang apa yang diinginkannya di dalam pikiran. Hal ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Masih bingung? Ok, sekarang misalnya kita sedang memvisualisasikan pergi kencan ke sebuah tempat yang romantis dan saat ada yang bertanya “Seperti apa tempat itu?” dan kita bisa menjelaskan dengan rinci musik yang diputar, warna lightingnya, orang-orang yang berada di dalamnya itu artinya kita sudah ada pada stage tertentu. Dan kita harus percaya bahwasannya apa yang ada dalam pikiran kita ini benar (affirmative), nah keyakinan inilah yang mendorong kita untuk mewujudkannya secara tidak langsung.

Berlatih visualisasi sebenarnya tidak membutuhkan proses lama akan tetapi butuh komitmen, so yang takut komitmen mending gak usah coba-coba, he he he

Berikut saya bagikan tips-tipsnya melakukan visualisasi

Rilex

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah rilex, di saat-saat rilex seperti waktu bangun pagi dan keadaan masih terbaring di tempat tidur coba lakukan visualisasi ini. Perhatian; visualisasi akan gagal saat kita terbangun dengan mood yang jelek. Intinya, buat diri kita se-rilex mungkin, pelan-pelan pejamkan mata dan bayangkan apa yang kita inginkan, lebih detail dan lebih detail lalu rasakan semua sampai terasa nyata.

Visualisasikan sesuatu yang specific

Artinya kita harus bisa menggambarkan sesuatu yang lebih khusus, misal kita ingin mobil. Gambarkan, mobil seperti apa yang kita inginkan, warnanya, aromanya rasakan seolah semua nyata.

Positive Thinking

Kita harus positive thinking dan yakin kalau kita bisa mendapatkan dan berhak mendapatkannya, kalau kita masih ragu-ragu dan ada pikiran “bagaimana kalau tidak terwujud?” atau “mustahil bisa berhasil mendingan tidak usah dilakukan karena hanya kan menghabiskan waktu saja.

Percaya dan Yakin

Saat melakukan visualisasi ini kita harus percaya dan yakin bahwasannya kita bisa mendapatkan apa yang kita visualisasikan, oleh karena ini seperti point di atas kita harus memiliki positive thinking. Harus ada expektasi untuk mewujudkannya, ini adalah sebuah tantangan yang bisa kita wujudkan.

Lakukan!

Step terakhir ini adalah hal-hal yang sering kita lupakan, setelah melakukan visualisasi kemudian kita tidak ada usaha ya percuma, dong! Visualisasi ini kan tujuannya untuk menumbuhkan mental positive dan keyakinan untuk mendapatkan yang kita inginkan bukannya menciptakan keajaiban dengan sendirinya. Keajaiban itu bisa kita ciptakan dengan kerja keras dan cerdas. Dan lagi Tuhan tidak akan memberikan apa yang kita minta kalau kita tidak memintanya melalui do’a.

“Keep in faith in what you most believe!”


TAGS   Visualisasikan Goal Anda / Pentingnya Visualisasi / Buku Marketing / Sales and Marketing /