Curhat tanpa cengeng, Menulis tanpa batas....

Makna MASALAH dalam kehidupan

15 Dec 2013 - 12:05 WIB

Masalah bisa menjadi bom yang akan meledak sewaktu-waktu memporak porandakan kehidupan kita jika kita tidak menjadikannya kekuatan

Masalah bisa menjadi bom yang akan meledak sewaktu-waktu memporak porandakan kehidupan kita jika kita tidak menjadikannya kekuatan

Masalah sudah menjadi bagian dari hidup, kita tidak akan bisa menjauh atau kabur darinya, semakin kita kabur artinya kita menunda untuk menyelesaikannya. Masalah menjadi hal yang bisa membuat seseorang itu kuat atau sebaliknya lemah dan terjatuh. Semua itu tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Setiap masalah yang datang ke dalam kehidupan kita membawa kekuatan sendiri yang akan memperkuat diri kita dari waktu ke waktu.

Teman kerja, suami, istri, keluarga atau orang yang tidak kenal memberi kita masalah? Berterima kasihlah kepada mereka karena mereka telah menyuntikkan kekuatan ke dalam diri kita melalui masalah itu. Yang kita butuhkan saat menerima masalah itu adalah keyakinan bahwa kita bisa menghadapinya dan kita mampu mengambil hikmanya. Semakin sering mereka memberikan kita masalah, sesungguhnya mereka telah melemahkan diri mereka sendiri.

Hidup adalah proses bertumbuh kita dari setiap masalah yang menghampiri.

Jangan membuat hidup terasa sulit hanya karena kita tidak dapat menyambut masalah dalam kehidupan dengan optimisme. Di saat masalah demi masalah menghampiri, di situ saatnya kita lebih menyayangi diri kita dengan cara mengatakan hal-hal yang membuat diri kita lebih yakin akan kemampuan kita untuk menyelesaikan dan menjadikannya kekuatan.

Jadi masalah akan benar-benar menjadi masalah saat kita menghindarinya dan tidak berusaha menyelesaikannya karena kita akan membiarkannya tumbuh dan berkembang mengundang masalah-masalah lain ke dalam kehidupan kita. Masalah bisa menghabiskan seluruh hidup kita dengan cara begini.

Hidup tidak akan memberikan kita apa-apa jika kita tidak pernah melakukan apa-apa.

Sebenarnya hidup itu sangat sederhana, tak pernah se-complicated yang kita gambarkan saat dia berdampingan dengan masalah dan kita bisa menyikapinya dengan bijaksana. Saya menitikkan air mata saat menulis artikel ini, saya sedang merenungi kehidupan saya yang sebenarnya sudah saya skenariokan dengan sangat indah akan tetapi saya sadar bahwasannya dalam sandiwara kehidupan ini isinya bukanlah orang-orang yang bisa saya kendalikan. Ada beberapa orang yang mengerti atau pun mencoba mengerti saya, ada yang mencoba memiliki semua nya sehingga tak menyisakan untuk saya atau yang lainnya.

Kita harus mengerti bahwasannya memang ada beberapa orang yang datang ke dalam hidup kita dan saya percaya itu dikirim oleh Tuhan untuk memberikan kita masalah, mengacaukan segalanya akan tetapi maksud Tuhan mengirimkannya bukanlah untuk membuat kita menderita melainkan menjadikan kita manusia yang lebih kuat, lebih baik dan tentu saja agar kita belajar menjadi lebih bijaksana.


TAGS   Kehidupan /