Curhat tanpa cengeng, Menulis tanpa batas....

Inilah orang yang paling sengsara!

19 Jan 2014 - 21:51 WIB

Siapa yang mau dinobatkan menjadi orang paling sengsara? Tidak ada yang mau ya? Akan tetapi, secara otomatis predikat orang paling sengsara ini akan melekat pada mereka yang dalam kehidupannya sering mengeluh. Dia mengeluh seolah-olah apa yang dia miliki dari keseluruhan hidupnya tidak ada yang bisa disyukuri sama sekali.

Orang paling sengsara ini selalu punya alasan untuk mengeluh, entah itu penampilan fisik, keadaan ekonomi, pasangan atau bahkan usaha dan upayanya sendiri yang seharusnya harus dia syukuri karena tak semua orang mampu mendapatkan achievement seperti dirinya.

Mungkin dalam kehidupan, kita belum mendapatkan keseluruhan yang menjadi impian atau tolak ukur seseorang tentang arti SUKSES karena tolak ukur sukses setiap orang juga berbeda, akan tetapi kita sudah seharusnya tahu banyaknya hal yang patut kita syukuri dalam kehidupan ini.

#1. Single

Untuk mereka yang single, mungkin mereka ada merasa sepi pada saat tertentu atau bahkan ada yang merasa sepi setiap saat? Ada rasa iri melihat beberapa teman yang sudah memiliki pasangan, kemana-mana ada yang menemani, ada yang memperhatikan dan sebagainya.

Berikut hal-hal yang patut disyukuri saat kita single dan harus sering kita tuliskan di jurnal syukur kalau perlu setiap pagi dan malam agar energy positive bisa mengalir di aliran darah kita:

  1. Sebagai orang single kita saat bangun bisa melakukan apa saja yang kita inginkan, bangun jam berapa saja tanpa aa tuntutan atau kewajiban apapun
  2. Bebas kemana saja dan melakukan apa saja tanpa ada yang mengatur
  3. Bebas mengatur masa depan kita sendiri, entah itu jangka panjang atau pendek. Yang pasti kita ada kebebasan merencanakan masa depan sebelum bersama pasangan
  4. Bisa menarik perhatian banyak lawan jenis dan ini bebas tanpa ada larangan karena kita masih single, silahkan tampil semenarik mungkin
  5. Tidak pernah ada rasa khawatir diselingkuhi, diputuskan atau cerai!
  6. Bisa belanja sesuka hati
  7. Bisa makan sesuka hati
  8. Dan sebagainya

#2. Menikah

Sebagai individu yang sudah menikah pun ada banyak keluhan yang sebenarnya bisa berbalik menjadi hal yang disyukuri. Adanya masalah ekonomi, kemesraan dengan pasangan menjadi masalah yang sering dikeluhkan.

Bisa tidak mulai besok kita mulai dengan mensyukuri hal-hal ini:

  1. Bersyukur karena memiliki pasangan , masih ada teman berbagi karena banyak orang yang tidak memiliki pasangan dan kesepian dalam kehidupannya.
  2. Bersyukur bangun tidak kehujanan, tidak kedinginan, ada makanan walau tak mewah karena ada tempat tinggal walau pun tidak mewah. Karena banyak orang yang terpaksa harus tidur di bawah kolon jembatan, emperan took atau tempat mengungsi karena bencana.
  3. Memiliki anak-anak
  4. Bisa melakukan tugas rumah tangga
  5. Dan sebagainya karena jika saya tuliskan semua saya yakin tidak akan cukup, tidak penting kita menulisnya berulang dalam setiap harinya karena hal itu menandakan betapa besar rasa syukur kita terhadap apa yang kita dapat saat ini.

#3. Pekerja

Kita berpikir sudah berusaha keras akan tetapi yang kita dapat sepertinya tidak setimpal dengan usaha keras kita, daripada mengeluhkan lebih baik kalau mulai menuliskan jurnal syukur kita kalau memang sulit buat kita untuk mensyukuri pencapaian atau hal yang membuat kita berpikir kita kurang beruntung.

Bersyukurlah karena:

  1. Kita memiliki pekerjaan karena banyak orang yang tidak memiliki pekerjaan alias menganggur
  2. Memiliki teman kerja yang asyik dan baik
  3. Pekerjaan lancar dan menyenangkan
  4. Bisa berangkat kerja setiap hari dengan gembira
  5. Rejeki tetap lancar dan tetap bisa makan, bersedekah, member orang tua walau tak banyak
  6. Dan lain sebagainya, karena saya yakin banyak sekali yang bisa kita tulis secara detail

Siapapun kita, tidak peduli itu pengusaha, president, menteri, seorang anak, siswa, mahasiswa, kita bisa mengisi dan mensyukuri tiap detail kehidupan kita, sedetail mungkin! Semakin detail semakin baik karena artinya kita sudah mensyukuri keseluruhan dalam kehidupan kita. Coba satu minggu, dua minggu dan seterusnya, lalu rasakan dampaknya dalam diri kita. Kehidupan kita akan lebih bergairah, sehat, semangat dan insyaallah rejeki pun akan lancar ;)

Tuhan itu sesuai dengan prasangkah umatnya, dengan melatih diri kita mensyukuri setiap detail dalam kehidupan kita artinya kita merasakan sekecil apapun yang Tuhan berikan kepada kita itu adalah hal baik dan kita sudah berterima kasih atas hal itu.

Baik dan buruk tetap harus disyukuri, kita harus bisa bijaksana dalam menyikapi peristiwa kehidupan kita. Karena selalu ada makna dalam setiap kejadian, karena Tuhan itu menciptakan sesuatu dengan alasan. Jangan sampai kita bergelar mahluk paling sengsara di dunia ini hanya karena kita kurang pandai bersyukur.

Bahagia itu sangat sederhana pada saat kita mau menerima segala sesuatu entah itu kejadian atau pun anugerah Tuhan lainnya dengan ihklas dan mensyukurinya.


TAGS   Motivasi Diri / Tips Hidup Bahagia /