Curhat tanpa cengeng, Menulis tanpa batas....

Tips Mengatur Keuangan Pasca Kenaikan BBM

20 Nov 2014 - 11:43 WIB

tips-siasati-masalah-keuangan-pasca-kenaikan-bbm

Tips Mengatur Keuangan Pasca Kenaikan BBM - Sebenarnya sih, I am not in position to say so, akan tetapi ramainya perdebatan tentang dampak kenaikan BBM sepertinya membuat saya ikutan berpikir juga. Benarkah semua harga pokok ikutan naik? Biasanya sih, sudah pasti akan ikutan naik!

Akan tetapi, di sini saya tidak akan ikutan ribut untuk Pro dan Kontra kenaikan BBM, bukan karena saya menutup mata terhadap sekitar atau tidak peduli! Akan tetapi, daripada saya hanya bisa ikutan berkomentar terus do nothing kan mendingan berpikir jernih bagaimana trik-trik menghadapai kebutuhan hidup yang terus meningkat.

Saya juga seorang Ibu rumah tangga, yang jujur tanggungan saya bukan cuma keluarga kecil saya saya sendiri! Ada orang tua di kampung yang harus saya urus, di sini pun saya tinggal dengan orang tua suami! It’s not easy to deal with it! Akan tetapi, mengeluh bukanlah sebuah pilihan.

Menghadapi tuntutan hidup yang semakin tinggi ini tentunya kita harus punya tips-tips yang insyaallah bisa membuang segala keluh kesah.

1. Pandai Mengatur Waktu

Orang bilang, waktu itu lebih tajam dari pedang yang bisa membunuh kita. Saya setuju, manfaatkan waktu luang kita dengan sebaik-baiknya. Jangan membuatnya terbuang sia-sia, entah itu memanfaatkan waktu luang dengan anak-anak, keluarga atau mungkin business kecil-kecilan yang bisa menambah uang belanja?

2. Lebih Productive

Jika kita seorang pekerja, maka kita harus berpikir bagaimana agar lebih productive? Kenapa demikian? Tuntutan hidup makin tinggi, kita menuntut kenaikan gaji akan tetapi kerja kita cuma begitu-begitu saja? Apa tidak malu?

3. Lebih Creative

Sementara penghasilan dari pekerjaan sekarang ternyata tidak begitu bisa diharapkan, maka kita harus berfikir lebih kreatif. Bukan hanya dalam menambah penghasilan akan tetapi dalam menyikapi setiap kebutuhan hidup. Kala dulu, kita suka belanja di Super Market, cobalah sekarang ke pasar traditional, lebih murah kok. Mencoba bahan-bahan makanan sederhana dan menyulapnya menjadi masakan kelas restaurant? why not! daripada makan diluar?

4. Menambah Kran Penghasilan

Tidak mudah, ya? Kalau kita aware banyak cara menambah kran penghasilan yang halal! Jangan langsung berharap hasil yang besar, perlu diketahui, duit 1.000 pun kita harus syukuri! Jadi, saat kita berpikir untuk menambah kran uang penghasilan jangan langsung mencari yang menghasilkan nilai besar.

5. Lebih Peduli

Lebih peduli dengan sekitar, ketahuilah masih banyak yang kurang beruntung dari kita. Jangan sekali-kali kita mengeluh hidup kita saja kekurangan, karena sebenarnya gay ahidup kita yang membuatnya kurang terkdang akan tetapi kita tidak sadar! Tetaplah beramal, bersedekah agar rejeki kita dilancarkan oleh-Nya. Karena seiring dengan meningkatnya kebutuhan ALLAH sebenarnya juga sudah menambahkan rejeki kita akan tetapi kita tidak menyadarinya.

Semoga bermanfaat!


TAGS   Tips Mengatur Keuangan Pasca Kenaikan BBM / Tips Mengatur Keuangan / Ide Kreatif Menghasilkan Uang /