Curhat tanpa cengeng, Menulis tanpa batas....

Apa tujuan hidup kita | Selamat Menyongsong Tahun Baru 2015

17 Dec 2014 - 08:08 WIB

selamat-tahun-baru-2015

Di penghujung tahun ini sepertinya sangat pas momentnya untuk menuliskan sesuatu yang sifatnya renungan, karena sudah pasti kita ingin tahun depan menjadi lebih baik bukan? Menyiapkan sedderat list resolusi mungkin sudah kita lakukan, namun terlepas dari itu semua sudah fahamkah kenapa kita membuat deretan list resolusi panjang tersebut?

Resolusi yang akan atau telah kita buat pastinya tak lepas dengan apa yang menjadi tujuan hidup kita?

Tujuan hidup? Pertanyaan itu membuat kita menerawang jauh dan mungkin pikiran kita melayang entah kemana, jawaban yang kita miliki pun menjadi jawaban yang terkadang malah membuat kita skeptic dengan diri kita sendiri.

Apakah tujuan hidup kita hanya ingin meraih kebahagiaan semata? Bukankan itu terlalu simple? Karena kebahagiaan itu bukanlah hal yang tak mungkin didapat oleh semua orang tidak peduli dia tinggal di kota, desa, istana, gubug reyot atau bahkan kolong jembatan. Karena definisi kebahagiaan sangatlah beragam. Bagi masyarakat konsumtif, bahagia adalah jika memiliki semua barang-barang mewah, namun bagi masyarakat biasa yang terbiasa hidup dengan kesederhanaan bisa makan tiga kali sehari saja sudah menjadi kebahagiaan.

Tak jarang kita melihat beberapa orang yang menghabiskan waktunya kesana kemari seorang mereka tak memiliki tujuan, mereka tertawa, bersenang-senang dengan komunitasnya. Namun, saat pulang dan sendirian mereka merenung karena di sudut hati mereka ada yang kosong. Mereka lupa akan tujuan hidup mereka dan merasa sudah mendapatkan apa yang mereka inginkan walaupun itu sesaat.

Banyak juga orang yang mengatakan kalau mereka mendambahkan kehidupan yang baik, akan tetapi tidak tahu kehidupan yang baik itu seperti apa? Oleh karena hidup di era konsumtif maka memiliki kehidupan yang baik pun diukur dengan materi dan pada akhirnya mereka akan cenderung berfikir ke arah memenuhi kebutuhan demi prestige.

Ternyata menentukan tujuan hidup memang tak mudah, akan tetapi bisa dipermudah dengan mengembalikan diri terhadap fitrahkita masing-masing sebagai mahluk Tuhan. Untuk apa Tuhan menciptakan kita? Apakah hanya untuk mencapai achievement yang bersifat keduniawian? Tentu tidak, bukan? Oleh karena itu, apapun tujuan hidup kita mari kita seimbangkan antara dunia dan akherat.

Selamat menyongsong tahun baru 2015!


TAGS   Selamat Tahun Baru 2015 / Resolusi Tahun 2015 / Cara Menggapai Kebahagiaan / Bagaimana Cara Membuat Resolusi / Menentukan Tujuan Hidup /