Curhat tanpa cengeng, Menulis tanpa batas....

Dukung Majunya produk dalam negeri

30 Mar 2015 - 05:43 WIB

Bangsa Indonesia bukanlah bangsa yang bodoh atau negara yang dihuni oleh bangsa-bangsa yang bodoh, sebaliknya dipenuhi oleh banyak orang-orang pintar dan kreatif akan tetapi kenapa negara kita masih saja belum semaju negara-negara di Asia lainnya yang usianya jauh lebih muda? Well, menurut saya ini menjadi PR bukan hanya pemerintah akan tetapi kita juga.

Jika para pemiliki industri dalam negeri, entrepreneur dan kawan-kawan harus selalu melakukan inovasi, menjual orisinalitas, tekun, gigih dalam memproduksi produk-produk unggulan agar bisa bersaing dengan produk-produk impor, lalu apa yang harus dilakukan oleh kita para konsumen untuk mendukung majunya produk dalam negeri?

Sebagai konsumen alias pemakai yang harus kita lakukan adalah dengan lebih memilih produk dalam negeri dalam keseharian sehingga usaha para produsen produk-produk dalam negeri terus maju dan berkembang, bukan malah gulung tikar karena tidak adanya permintaan pasar.

Untuk ibu rumah tangga seperti saya ini, dalam membeli produk sangat penting memperhatikan harga selain kualitas. Sebisa mungkin mendapatkan barang dengan kualitas bagus akan tetapi harganya miring. Memang ada? Ya, pandai-pandai saja kita memilih dan mencari.

Dan sayangnya, kenyataan di luar sana sangat pahit di saat ibu-ibu seperti saya yang berpenghasilan alhamdulillah pas-pasan (saat ingin beli ini pas gajian, saat ingin beli itu pas dapat bonus :D ) menemukan banyaknya produk dalam negeri dengan kualitas bagus harganya kurang terjangkau karena tingkat kebutuhan yang tinggi. Katakanlah untuk membeli sepatu dengan kualitas bagus produksi dalam negeri harga dipatok Rp. 600,000/pasang, buat saya malas saja beli sepatu diinjak-injak dengan harga segitu. Jadi alternativenya saya beli tetap produksi dalam negeri yang kualitas standard yang penting bagus di kaki saya, nyaman di pakai tapi dapat harga setengahnya karena setengahnya bisa dapat dua kaleng susu buat anak saya.

Eh, tapi…baru-baru ini saya menemukan produk pakaian bayi kualitas export, bagus bahannya, halus jahitannya dengan harga yang menurut saya pas. Nggak mahal juga nggak murah! Saya antusias banget saat meneliti barang ini dan saya yakin ini buatan Bandung. Saya mencoba mencari informasi tentang manufacture-nya akan tetapi belum mendapatkan informasi itu. Brand baju anan bayi itu adalah “Happy Pupu” yang memroduksi baju jersey bayi model kodok. Saya ada baju yang merk import dan saya bandingkan kualitasnya, wah….saya pikir sih saya lebih baik membeli produk dalamnegeri ini karena kualitas tidak kalah!

Ibu-ibu seperti saya ini ingin mendukung berkembangnya produk dalam negeri dengan berbelanja lebih banyak produk-produk dalam negeri, akan tetapi tetap dengan syarat kualitas di jaga dan harga jangan selangit.

Karena banyak ibu-ibu seperti saya ini yang pernah dikecewakan oleh produk-produk dalam negeri demi mendapatkan harga sedikit miring kami mendapatkan kualitas abal-abal, setelah itu kami mengalami trauma dan cenderung memilih produk dengan brand tertentu yang pasti saja kualitas sudah terjamin.

Happy Pupu menjadi salah satu produsen yang bisa menaikkan pamor produk dalam negeri kalau kita para konsumen membantunya dengan memakai produk mereka dan tentu saja sebagai produsen Happy Pupu harus tetap mempertahankan kualitasnya.

Ok, bravo Happy Pupu! salam sukses dari emak-emak muda nan cantik dari Bali, he he he

3M Baby Zafa memakai Jersey Happy Pupu

 


TAGS